Online learning

Disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai online learning

Online learning itu adalah usaha pembelajaran yang melibatkan penggunaan teknoloogi jaringan (seperti Internet atau jaringan bisnis) untuk proses penyampaian dan penyebaran informasi, pendukung dan penilaian formal dan informal pengajaran. Beberapa alasan utama, untuk menggunakan online-learning :

a. Meningkatkan akses dan fleksibelitas. Dengan e-learning, para peserta didik dapat mengakses dimana saja dan pada waktu kapan pun.
b. Cepat dalam penyebaran dan hemat. Informasi yang ingin disebarkan cukup kita masukkan kedalam sistem dan nantinya para peserta didik dapat mengetahui informasi tersebut dengan cepat, selain itu juga menghemat biaya penyebaran informasi dibandingkan dengan menggunakan kertas misalnya.
c. Peningkatan pengawasan dan standarisasi. Pengawasan terhadap setiap murid menjadi lebih mudah untuk dilakukan misalnya para guru dapat melihat bagaimana nilai – nilai yang didapat oleh para muridnya sehingga apabila dirasa masih kurang perlu ditingkatkan lagi.
d. Memperbaiki komunikasi dan kerjasama. Misalnya dengan adanya forum untuk berdiskusi bagi para murid dengan gurunya akan lebih mempererat hubungan antara murid dengan gurunya, selain itu antar sesama murid juga dapat saling bertukar pikiran melalui forum tersebut.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pengembangan model e-Learning tersebut, perlu dipertimbangkan pertama kali, disamping aspek instructional technology-nya maka perlu juga dipertimbangkan hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan peserta didik secara virtual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *