Analisis Perancangan Strategi Sistem Informasi (Study case Binus)

Analisis Perancangan Strategi Sistem Informasi yang dirancang oleh Binus adalah sbb :

1. Business Strategy

• Business decision
Untuk menjadi lembaga pendidikan yang berdasarkan teknologi informasi yang diterima sebagai suatu benchmark, siap untuk berkompetisi dan dapat mengikuti perubahan zaman

• Objectives and direction
–  Minimum 80% mahasiswa BINUS lulus tepat waktu.
–  Minimum 90% dari lulusan BINUS bekerja setelah 6 bulan dari kelulusan.
–  50 % dari lulusan bekerja sebagai wirausaha setelah 2 tahun dari kelulusan
–  Minimum 80% dari dosen BINUS memiliki index Sangat Bagus
–  Tiap tahun terjadi peningkatan penghargaan 50% secara internasional
• Change
BINUS menerapkan metode pembelajaran e-learning sebagai salah satu perubahan inovasi yang dilakukan. Dengan metode MCL ini MHS melakukan pembelajaran maupun aktivitas perkuliahan secara online

2. IS Strategy
• Business based
Binus berfokus pada bidang pendidikan mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMU, Universitas , serta ketrampilan dalam bidang teknik komputer
• Demand oriented
Permintaan berorientasi pada user yang memiliki kompetensi dalam bidang teknologi khususnya komputer
• Application focused
Berfokus pada aplkasi yang berhubungan dengan system computer, baik untuk pembelajaran, maupun untuk pemasaran , serta keuangan

3. IT Technology
• Activity based
Secara berkala, binusmaya di-update setiap hari senin dan kamis. Untuk memasukkan data-data baru agar menjadi informasi yang mambuat binusian tidak ketinggalan berita.
• Supply oriented
Pada tahun 1997 BINUS berkerjasama dengan PT indosat untuk mensuplai infrastruktur yang berhubungan dengan koneksi internet, serta Oracle untuk mendukung proses bisnis BINUS
• Technology focused
Teknologi yang digunakan berokus pada teknologi computer, yang berguna untuk mendukung pemebelajaran dari MHS. Seperti PC, jaringan

4. IT STRATEGY
1. Technology scope. (informasi di aplikasi dan teknologi yang utama)
Informasi yang ditampilkan di binusmaya sangat mendukung aktifitas para binusian. Seperti jadwal perkuliahan serta jadwal offclass, sehingga para binusian tidak perlu bolak-balik ke akademis. Dan juga aplikasi binsumaya berbasis javascript.

2. Systemic competencies. (kemampuan yang berbeda untuk layanan TI)
Keunggulan yang dimiliki oleh binusmaya adalah pada saat jadwal offclass para binusian tetap bisa mengikuti pelajaran dengan mendownload materi yang ada di binusmaya, kemudian mahasiswa dan dosen dapat berinteraksi lewat forum diskusi jika ada yang tidak dipahaminya.

3. IT governance. (bagaimana wewenang ke sumber daya, resiko, pemecahan masalah dan tanggung jawab TI yang dibagi bersama rekan bisnis, manajemen TI dan layanan provider. Topic pemilihan proyek dan prioritisasi juga termasuk)
Binusmaya khusus lecture, menyediakan hak akses bagi dosen-dosen untuk mengambil materi pelajaran, memberi tugas, membatasi waktu pengiriman tugas (deadline) dll.
Binusmaya khusus student, menyediakan bagi para binusian dapat memakai hak aksesnya untuk mendapatkan materi, soal latihan, ataupun berdiskusi lewat forum yang disediakan.

5. IS STRUCTURE AND PROCESSES

1. Architecture. (prioritas teknologi, kebijaksanaan dan pilihan yang memungkinkan aplikasi, software, jaringan, hardware dan manajemen data untuk disatukan ke program terpadu)
Untuk membangun ‘cyber-community’, binusmaya telah memadukan semua unsur-unsur yang diperlukan.

2. Process. (aktifitas dan praktik yang mengembangkan dan memelihara aplikasi dan mengatur infrastruktur TI)
Secara berkala, binusmaya di-update setiap hari senin dan kamis. Untuk memasukkan data-data baru agar menjadi informasi yang mambuat binusian tidak ketinggalan berita.

3. Skills. (pertimbangan sumber daya TI seperti mempekerjakan, memberhentikan, memotivasi, melatih dan membudayakan)
Sumber daya manusia yang memiliki keahlian TI di dalam organisasi BiNus tersedia cukup banyak. Agar keahlian para karyawan bisa mengikuti perkembangan zaman, BiNus mengadakan training untuk meningkatkan kuliatas SDM. BiNus juga mempekerjakan binusian aktif untuk menjalankan system yang ada di BiNus. Dengan begitu kemampuan mereka bertambah serta bisa menghasilkan uang sendiri.

10 Comments


  1. Hey – nice blog, just looking around some blogs, seems a pretty nice platform you are using. I’m currently using WordPress for a few of my sites but looking to change one of them over to a platform similar to yours as a trial run. Anything in particular you would recommend about it?


  2. Great information!!! Thanks a bunch for sharing!


  3. Pretty cool post! It was so interesting with lots of cool tidbit. Thanks for sharing the info.


  4. There are certainly a lot of details like that to take into consideration. That is a great point to bring up.


  5. This really is my very first time i visit here. I discovered so numerous fascinating stuff in your weblog particularly its discussion. From the plenty of comments on your content articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment right here! keep up the great work.


  6. I really appreciate this post. I’ve been looking all over for this! Thank goodness I found it on Bing. You have made my day! Thanks again!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *