Study Case: Pemanfaatan-pemanfaatan strategis dari SI dan TI

I) American Hospital Supply
AHS merupakan rumah sakit yang juga menyediakan jasa penyaluran peralatan2 dan persediaan2 medis. selain menyediakan untuk dia sendiri, AHS jg menyalurkan untuk rumah sakit2 lainnya..
AHS menerapkan sistem pencatatan pemesanan distribusi yg berbeda yaitu menghubungkan sebagian besar pelanggannya ke komputer nya. AHS memiliki terminalnya sendiri yg di tempatkan langsung di departemen pembeliannya. dengan sistem ini pelanggan bisa mengatur stok mereka dengan berhubungan langsung dengan catatan stok AHS..

Nb.

Sistem pada American Hospital Supply mengijinkan customer untuk mengontrol inventory mereka masing-masing dengan memiliki akses untuk masuk stok record AHS.

II) American Airlines
American Airlines adalah perusahaan penerbangan yg berbasis di Amerika dan merupakan perusahaan penerbangan yang paling besar di dunia dalam hal jumlah penumpang-jarak yg diangkut dan armada penumpangnya, dan merupakan perusahaan penerbangan yg terbesar ke-2 dalam hal total keuntungan operasi..
American Airlines menggunakan sistem pemesanan secara online kepada agen travel yg disebut Sabre.tapi saat diluncurkan, Sabre menampilkan jadwal penerbangan nya terlebih dahulu daripada perusahaan penerbangan lainnya, sehingga perusahaan lain meminta pemerintah untuk campur tangan..

Nb.
Mempunyai sistem reservasi tiket secara online yang bernama “ Sabre ” dimana setiap dilakukan reservasi, American memperoleh komisi dari setiap penjualan reservasi.

III) Otis Elevators
Otis Elevators adalah perusahaan manufaktur terbesar dalam sistem transportasi vertikal sekarang, terutama elevator dan escalator..
Otis Elevators meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya dengan sistem otomatis yg disebut Otisline, untuk mengirimkan berita/panggilan kepada petugas reparasi. saat terjadi masalah dengan lift Otis, maka secara otomatis kan dikirimkan keluhan ke sebuah komputer – tanpa campur tangan manusia..

Nb.
Dibangun dengan menggunakan sistem otomatis untuk menggantikan montir. Jika terjadi pada Otis Lift maka secara otomatis akan melakukan pengaduan kepada computer tanpa campur tangan manusia

IV) Schneider National Inc.
Schneider National Inc. adalah perusahaan pribadi terbesar dalam hal pengangkutan muatan truk di Amerika Utara.
Schneider National Inc. sudah byk mengembangkan aplikasi untuk bertahan dari persaingan.mulai dari freight modelling application ( aplikasi pengiriman barang dengan kereta api ) sampai menggabungkan teknologi satelit kepada komunikasi pelanggan dan proses mengisi jadwal. namun para kompetitor mengembangkan aplikasi yg sejenis, namun saat kompetitor tersebut mengembangkan aplikasi yg sejenis, Schneider National Inc. telah menggunakan/ menerapkan aplikasi strategi yg baru..

Nb.
Menjadi perusahaan inovator dalam hal teknologi, sebelum diikuti oleh pesaing yang lain. Schneider sudah terlebih dahulu mengembangkan teknologi yang telah diterapkannya.

V) Amazon.com
Amazon.com adalah perusahaan e-commerce amerika yg merupakan spekulasi internet, tapi telah menjadi site yg paling terkenal di cyberspace. Amazon.com adalah termasuk perusahaan pertama yg menjual barang2 melalui internet..
Amazon.com juga menerapkan teknologi seperti profil pelanggan dan belanja “1-click”. teknologi progil memungkinkan Amazon.com untuk merekomendasikan buku berdasarkan sejarah pembelian sebelumnya dan apa yg pelanggan lain yg telah membeli buku sejenis telah membacanya juga. dalam menjual CD, mengizinkan pembeli untuk mendengarkan kutipan2 lagu..

Nb.
Amazon memulai sebuah misi dengan menggunakan internet untuk mengubah penjualan buku menjadi yang tercepat, termudah, dan yang ternyaman. Tidak seperti toko buku tradisional, tidak ada lemari buku yang dapat ditemukan di Amazon.com. Di website Amazon.com, konsumenj dapat mencari buku secara spesifik seperti berdasarkan topic atau penulis atau konsumen dapat mencari berdasarkan buku catalog. Pengunjung Amazon.com juga dapat membaca ulasan buku dari konsumen lainnya. Konsumen dapat melengkapi pembeliannya dengan memasukkan informasi kartu kredit.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *