Mengidentifikasi dan Menganalisa Resiko dalam Proyek

Di dalam pembangunan sebuah proyek, pasti ada resiko-resiko yang muncul. Untuk mengidentifikasi dan menganalisa resiko tersebut dapat menggunakan :

a. Metode Brainstorm : dengan pendefinisian kembali masalah, mengumpulkan ide-ide, dan mencari solusi baru. Ide yang umum adalah menciptakan sebuah klimaks dari asosiasi yang bebas melalui pertukaran ide atau persepsi dari masalah yang dihadapi.

b. Nominal Group Tecnique : mendukung setiap bagian dari grup (idealnya 7-10) dalam memaparkan ide mereka mengenai pokok permasalahan melalui pertanyaan-pertanyaan. Kemudian setiap anggota grup atau individu mempresentasikan ide-ide mereka yang kemudian direkam pada sebuah flipchart. Setelah ide direkam, diskusi akan dimulai, masing-masing ide didiskusikan. Pada akhir diskusi mereka akan mengevaluasi resiko yang paling serius pada proyek mereka ambil dengan menuliskannya ke dalam rating.

c. Delphi method : penyampaian semua opini-opini dan ide umum yang berhubungan dengan masalah partisipan, kemudian ide atau opini umum ini diberikan kepada setiap partisipan, yang akan direvisi kembali melalui ide-ide lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *